Kamis, 28 Februari 2013

Daily Activity "Fokus Project Animation" (1)




kami sedang mengikutin workshop pelatihan yang bertemakan “Produksi Animasi”. kami dari tim script writter, jobdesk kami menulis daily activity dan menulis ide kreatif dari cerita-cerita animasi yang akan kami buat. sebelumnya, kami akan menceritakan pengalaman kita selama mengikuti workshop pelatihan “Produksi Animasi”...... :)

Hari pertama. Rabu, 27 Februari 2013, jam 09.30... hari yang cukup cerah untuk melakukan aktivitas. Dan kami, keluarga besar dari Ilmu Komunikasi 2009 dan juga beberapa perwakilan adik kelas Ilmu Komunikasi, serta beberapa mahasiswa dari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi mulai mengikuti workshop pelatihan “Produksi Animasi”. Mulai dari hari rabu tanggal 27 februari 2013 sampai nanti 4 hari kedepan, yang lebih tepatnya berakhir di hari Sabtu tanggal 2 Maret 2013. Kita mengikuti pelatihan workshop tersebut, Universitas Gunadarma megundang animator profesional yang bernama Mas Subiantoro (Hizaro). Kita panggil mas itu atas permintaan dia, karena katanya yaa dia merasa masih muda dan tidak mau dipanggil bapak yang terkesan tua. “orang yang selalu berfikir masa depan kan orang yang masih muda, tapi kalau orang yang selalu berfikir masalalu itu adalah orang yang sudah tua. Dan saya termasuk kedalam orang yang selalu melihat masa depan” itu kata-kata dia diawal-awal perkenalan untuk memulai workshop.

presentasi kelompok 4
presentasi kelompok 2
presentasi kelompok 1
Presemtasi kelompok 3



Hari pertama, di hari pertama itu kita just sharing pengalaman dan saling berbincang-bincang. Ehmm,,, lebih mirip kaya acara stand up comedy sihh, abis kebanyakan sering nglawak sih, but so enjoy. Benar-benar menyenangkan mendengarkan pengalaman dan background dari mas Subiantoro yang sudah lama malang-melintang dalam dunia animasi dan kita disuguhkan film-film animasi yang luar biasa menakjubkan. Ini tentu menjadi pengalaman yang sangat menarik. Kita sendiri, dengan hanya mendengar kata animasi yang terlintas “pasti workshop nya cuma bikin ngantuk” okke, dan ternyata apa yang kita pikirkan itu salah. Pembawaan dari mas Subiontoro sendiri yang juga santai dan enjoy membuat kita betah, bahkan di hari pertama itu kita sampai lupa waktu. Yeahhh... di hari pertama itu, kita membuat kelompok-kelompok kecil yang terbentuk 4 kelompok. Tugas kita, membuat cerita animasi yang nanti salah satu cerita dari 4 kelompok tersebut akan dipilih untuk dibuat dalam bentuk film animasi selama 4 hari workshop. Dan itulah goal yang akan kita capai dari kegiatan pelatihan Produksi Animasi ini.

Hari kedua,,, hari pemilihan cerita yang sudah kita buat di hari pertama akan dipilih. Meskipun agak sedikit dag dig dug cerita siapa yang akan terpilih. Ahh lebay sih, tapi tak apalah. Pertama sebelum setiap kelompok mempresentasikan ide ceritanya masing-masing, setiap kelompok diberi waktu lagi untuk menyempurnakan konsep idenya. Setelah masing-masing kelompok siap mempresentasikan idenya masing-masing, tim produksi pun kembali bergabung ke dalam ruangan untuk mendengar dan memilih ide cerita mana yang akan dipilih. Akhirnya yang terpilih adalah ide cerita yang menceritakan seorang mahasiswa yang tetap fokus mengerjakan skripsinya walaupun terus mendapat gangguan dari kuntilanak. Cerita ini pun diberi judul “Fokus”.

kelompok 4
kelompok 3
kelompok 2

Tim animator menilai cerita yang dipresentasikan tiap kelompok
kelompok 1


Sutradara mengumumkan cerita yang terpilih


Lanjuttt... sesi kedua setelah istirahat, kami perserta workshop diberi pengarahan sebelum proses produksi dimulai. Kami dibagi kedalam kelompok-kelompok sesuai dengan
bidang peminatan profesi masing-masing. Pada sesi kedua ini kita mulai mengerjakan produksi mulai dari tahap pertama dari masing-masing divisi. Dan kita siap beraksi. Terlihat kok, tampak kesibukan dari masing-masing tim yang mulai bekerja sesuai dengan jobdesk nya diselingi gelagak tawa untuk memecah kesunyian dan untuk mencairkan suasana, biar ngak tegang gitu, haha. Dan kita, tim script writter sibuk merangkai kata-kata sebagai catatan daily activity kita selama mengikuti pelatihan. Itu sihh, aktivitas kita selama 2 hari mengikuti pelatihan ini, so far so fun. ^^



 Tim produksi yang sudah dipilih

0 komentar:

Posting Komentar