Kamis, 28 Februari 2013

Workshop Animasi



Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Depok, mengadakan workshop animasi yang di ikuti oleh tiga fakultas, yaitu fakultas Ilmu Komunikasi, fakultas Teknik Informatika, dan fakultas Sistem Informasi. Workshop animasi ini dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari hari Rabu, tanggal 27 Februari 2013 sampai dengan hari sabtu, tanggal 02 Maret 2013. Peserta workshop dari fakultas Ilmu Komunikasi terdiri dari dua angkatan, yaitu angkatan 2009, 2010 dan 2012 sebanyak + 25 orang. Lalu, untuk fakultas Teknik Informatika yang mengikuti workshop ini hanya angkatan tahun 2009 dan terdiri dari + 11 orang, dan terakhir dari fakultas Sistem Informasi hanya 1 orang.
Pada hari pertama, yaitu tanggal 27 Februari 2013, kegiatan workshop di mulai pada pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore. Adapun lokasi workshopnya yaitu kampus D Universitas Gunadarma gedung 5 lantai 4 ruang 1. Tujuan dari workshop ini adalah untuk melatih kreativitas mahasiswa dalam membuat suatu karya animasi dan dapat bermanfaat untuk banyak orang.
Pada sesi pertama, pukul 09.00-12.00, di mulai dengan tahap perkenalan yang di mulai dari pembicara workshop yaitu Mas Hiza. Beliau ini tidak ingin di panggil dengan nama bapak, jadi kami (para mahasiswa) memanggilnya dengan sebutan “Mas”. Mas Hiza ini berasal dari Yogyakarta. Orangnya yang humoris, membuat suasana workshop ini menjadi semakin menarik dan jauh dari bosan. Begitulah kesan pertama pada hari pertama. Disini juga kami bisa saling sharing satu sama lain agar lebih dekat sehingga bertambahnya pengetahuan.
Pada sesi ke dua setelah istirahat, setiap fakultas di pecah menjadi dua tim kerja. Untuk fakultas Ilmu Komunikasi di sebut sebagai tim pra produksi, sedangkan fakultas Teknik Informatika sebagai tim produksi. Tim pra produksi bertugas untuk membuat sebuah cerita (short movie) yang berdurasi + 2 menit. Hal-hal yang mesti dipersiapkan adalah script atau cerita, konsep artis, storyboard, dan desain karakter. Sedangkan tim produksi bertugas lebih ke teknisnya.
Disini, tim pra produksi dipecah lagi menjadi 4 kelompok besar. Masing-masing tiap kelompok diberi tugas untuk membuat short movie animasi yang telah di bahas sebelumnya dengan tema bebas kemudian di presentasikan di depan Mas Hiza.
Tema dari masing-masing kelompok sangat unik, ada yang yang bertema “Sepasang Botol dan Tutup, Fokus, Rowi (orang-orangan sawah), Bebek dan Kate.” Karena keterbatasan waktu, pada hari pertama itu yang di presetasikan hanya inti dari cerita saja. Berakhir dengan kesan yang menarik.
---*---*---
Lanjut pada hari ke dua, tanggal 28 Februari 2013. Pada hari ke dua ini, sesi pertama dimulai dengan perkenalan dari tim produksi. Sutradarnya bernama Bagus, dari fakultas Sistem Informasi. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing kelompok pra produksi di depan tim produksi (rekan-rekan TI) agar dari 4 kelompok tersebut bisa di pilih cerita yang memang realis memiliki karakter yang kuat dan tidak terlalu rumit. Setelah semua nya di presentasikan, tim produksi dipersilahkan untuk berdiskusi menentukan pemenang.
Selama tim produksi berduskusi, kami tim pra produksi diberikan materi lain mengenai animasi dan kami diperlihatkan beberapa video animasi yang menarik. Beberapa menit berlalu, tim produksi pun mengumumkan hasil beserta alasan mengapa tema tersebut di pilih. Yang berhasil di pilih adalah yang bertema “Fokus” dengan alasan karakternya kuat, latarnya tidak terlalu rumit dan realis secara teknis.
Pada sesi ke dua, agar bakat-bakat yang dimiliki para mahasiswa tersalurkan, Mas Hiza kembali membagi tim pra produksi ke dalam beberapa tim kerja, yaitu tim astrada, script writer, penata musik, storyboard, dan budgeting. Masing-masing dari tim kerja mulai sibuk dengan tugasnya. Yang menarik dari ini adalah setiap mahasiswa berbagi ide berdasarkan konsep, bertambahnya pengalaman baru, saling berinteraksi, komunikasi menjadi lebih efektif, kerjasama yang solid semakin mempererat hubungan kekeluargaan sebagai mahasiswa dari Universitas Gunadarma. (Penulis : Rini Astuti)

0 komentar:

Posting Komentar